X
Sukses itu, dibuat Jlimet Sejak Definisi.
Inspirasi & Motivasi

Sukses itu, dibuat Jlimet Sejak Definisi.

March 23, 2018 0

Ya, kalau kita tanya apa artinya sukses, maka ada ada puluhan definisi, dari yang sederhana sampai yang jlimet dengan berbagai syarat ini dan itu. Oleh karena itu, maka tidak aneh kalau sukses dianggap hal yang sulit, karena definisinya juga memang sulit untuk dicerna. Ujung-ujungnya orang merasa kalau sukses itu bukan perkara gampang, dan lupakanlah jadi orang sukses, jadi orang biasa-biasa sajalah.

Padahal artinya sukses itu sederhana sekali, lihat KBBI: artinya adalah berhasil. Hanya itu. Kalau bayi yang tadinya merangkak, lalu kemudian “lelengkah halu” dan bisa berjalan, maka bayi tersebut sudah sukses berjalan. Sukses tidak mengenal positif dan negatif, baik dan buruk, yang penting berhasil. Contohnya: syaitan sukses menjerumuskan kita ke dalam dosa, ya bagi syaitan adalah kesuksesan. Belanda berhasil memecah belah dengan devide et impera, ya itu adalah kesukseskan juga.

Nilai dari kesuksesan itu pada akhirnya ditentukan oleh apa yang ingin dicapai. Kalau baik, sukses meraih hal yang baik, kalau buruk, sukses meraih hal yang buruk. Kita ini manusia, terlahir sebagai manusia yang sukses. Kalau tidak, maka tidak lahir kita di muka bumi. Sukses dari perjuangan sebuah sel sperma menembus sel terus. Sukses seorang ibu mengandung dan melahirkanya. Sukses merangkak, sukses berdiri, berjalan, berbicara, satu persatu kesuksesan itu diraih.

Maka dengan demikian sukses bukanlah sebuah tujuan, tetapi sebuah perjalanan, meraih satu sukses ke sukses yang lain. Bagi sebagian umat Islam, meyakini sukses yang paling hakiki adalah meninggal dalam keadaan husnul khotimah dan masuk surga. Sudah tentu, sukses terbesar ini, tidak dapat diraih tanpa meraih keberhasilan-keberhasilan kecil, misalnya berhasil istiqomah shalat berjamaah di masjid.

Yuk jadi orang sukses, buat sederhana, mulai dari hal yang kecil, mulai sekarang, dan dari diri sendiri. Lupakan definisi-definisi yang membuat kita ruwet. Tentukan apa yang mau kita capai, dan raihlah. Sukses itu: BERHASIL.

Foto: http://www.cutebabyz.com/helping-your-baby-learn-to-walk/

0

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code