X
Indonesia Negara Kaya, Tapi Miskin
Arsip Pribadi, Indonesia Raya

Indonesia Negara Kaya, Tapi Miskin

August 28, 2016 0

Kondisi ekonomi Korea Selatan pada tahun 60-an, sama miskinnya dengan Indonnesia. Dalam buku tentang Korea, disebutan Korea Selatan adalah negeri tanpa harapan, karena tidak punya apa-apa lagi.

Tetapi setelah Korea Selatan di bawah Park Chung Hee, pemimpin Korea Selatan ini meminjam dana dengan jaminan ribuan orang Korea yang bekerja di tambang batu bara. Eropa membangun industri hulu (upstream) berbasis SDA yaitu logam dan petrokimia, dengan bahan bakunya diimpor dari Korea Selatan. Korea Selatan bisa menghasilkan barang-barang yang bukan hanya untuk kebutuhan dalam negeri, tetapi ijuga untuk ekspor,, baik produk dari hasil industri besar maupun kecil (UKM).

sachKorea Selatan menjadi negara maju dengan GDP perkapita tahun 2014 sebesar USD 28.000, jauh meninggalkan Indonesai dengan GDP perkapita hanya USD 3.513. Padahal Indonesia punya semua SDA untuk industri. Industri petrokimia saja punya bermacam=macam bahan baku, bahkan bisa juga dibangun industri bermacam-macam logam. Seharusnya Indonesia lebih maju dari Korea Selatan, tetapi kenyataannya Indonesia tertinggal.

Jangan heran, karena alasannya jelas, yaitu pemerintah tidak melaksanakan UUD 1945 Pasal 33. Kesimpulannya, Indonesia negara kaya tetapi miskin, sedangkan Korea Selatan negara miskin tapi kaya dan makmur. Harga BBM di Korea Selatan equivalent Rp 18.000,00 /liter, (pada harga crude oil $ 90 / barrel )rakyat Korea tenang-tenang saja.

Selamat merenung,
Rauf Purnama.
~wg

0

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code