X
Indonesia, Miskin di Tengah Sumber Daya Alam yang Berlimpah
Arsip Pribadi, Garut Pangirutan, Indonesia Raya

Indonesia, Miskin di Tengah Sumber Daya Alam yang Berlimpah

August 19, 2016 0

Dalam sebuah diskusi di WA Group, Kang Rauf Purnama, ahli Teknik Kimia ITB asal Garut, berpendapat: “Untuk memajukan Indonesia dengan berbagai cara, ternyata tidak mempan, tetap saja rakyat Indonesia relatif miskin. Kalau ditelaah lebih lanjut, Indonesia tidak maju mungkin karena kualat kutukan Sumber Daya Alam yang kita miliki tidak diimplementasikan sesuai Pasal 33 UUD 1945, bahwa air, bumi, dan seluruh isinya yang terkandung di dalamnya digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Perlu difahami, jelas bahwa SDA untuk kemakmuran rakyat itu artinya perlu diolah. Saya sudah menghitung penjualan pasir nikel, tercengang pantas saja Indonesia terus miskin. Mari kita hitung. 

Harga jual pasir nikel yang kadar nikelnya 2%, hanya $40 /ton. Nikel murni dalam pasir tersebut, harganya $2.000 /ton. Jika diproses dengan teknologi tinggi (ada dua teknologi), harga $11.000 – $58.000 /ton. Jika nikel murni dijadikan stainless steel, lalu dijadikan jam tangan, nilai stainless steel = $3.000 per kg, atau $3.000.000 /ton. Bayangkan, dari pasir nikel hanya $40 /ton menjadi $3.000.000 per ton.

Bukan hanya nikel saja, concentrate tembaga dari Freeport mengandung tembaga, emas dan perak sudah 36 tahun diexport. Jumlah emas yang keluar dari Freeport kurang lebih 3600 ton (kandungan emas dalam concentrate tembaga 30 sampai 40 ppm), tapi cadangan emas NKRI hanya 78 ton kalah oleh Singapura, Jepang, Korea, Taiwan, yang tidak memiliki tambang emas seperti Indonesia. Sisa cadangan emas di Freeport saat ini masih nomor 1 di dunia, apa rela akan dijual/diexport lagi? Dan lucunya lagi, cadangan emas NKRI tahun 1950 besarnya 250 ton dan terus turun sampai saat ini hanya tinggal 78 ton, padahal disisi lain ribuan ton emas diexport, sangat ironi sekali.

1270436572_rauf_purnama_hl

Salam NKRI
Rauf Purnama

0

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code