X
Followership
Arsip Pribadi, Inspirasi & Motivasi, Keluarga

Followership

September 4, 2016 0

Followership atau kepengikutan merupakan sesuatu yang asing kedengarannya. Istilah ini mungkin juga kurang disukai sebagian besar orang yang sudah menjadi seorang pemimpin ataupun yang ingin menjadi pemimpin . Namun suka atau tidak suka, mau atau tidak mau setiap orang memiliki sisi followership dalam setiap kehidupannya.

Ira Chaleff mengatakan “followership is an art”. Followership begitu penting bagi dunia kepemimpinan dan tidak dapat dipisahkan dari leadership. Followership adalah suatu fondasi untuk memahami leadership lebih baik. Jika Anda ingin berhasil sebagai seorang leader, Anda harus menjadi seorang follower yang baik. Anda harus menguasai followership jika Anda ingin menjadi “a good leader”.

Kita seringkali memuji para pemimpin/leader yang sukses dalam kepemimpinannya. Padahal, apalah artinya memimpin jika tidak dibantu oleh pengikutnya.

Followership adalah seni dan kompetensi untuk menjadi pengikut yang cerdas san bijak, sehingga mampu menjadi batu bata yang kontributif bagi bangunan organisasi.

Followership diperlukan karena hanya ada satu pemimpin dan sisanya adalah pengikut. Leader tanpa follower lumpuh, follow tanpa leader limbung.

Gagalnya ummat yang satu terbentuk karena banyak leader yang cakap dan berminat, namun sedikit follower yang cakap dan ikhlas.

Followership adalah sebuah kompetensi, sebagaimana menjadi makmum juga merupakan sebuah kompetensi. Followership adalah sebuah seni, agar leader mampu menjadi leader yang hebat

Bahkan, follower yang hebat boleh jadi adalah leader yang sebenarnya

Salam, Kang Eep
Referensi: Adriano Rusfi, Ira Chaleff, dll.

1

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code