X
Filosofi Nilai-nilai Sunda Cageur, Bageur, Bener, dan Pinter
Arsip Pribadi, Tatar Sunda

Filosofi Nilai-nilai Sunda Cageur, Bageur, Bener, dan Pinter

May 26, 2017 0

Ada beberapa etos atau watak dalam budaya Sunda tentang satu jalan menuju keutamaan hidup. Selain itu, etos dan watak Sunda juga dapat menjadi bekal keselamatan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Etos dan watak Sunda itu ada lima, yakni cageur, bageur, bener, singer, dan pinter yang sudah lahir sekitar jaman Salakanagara dan Tarumanagara. Ada bentuk lain ucapan sesepuh Sunda yang lahir pada abad tersebut. Lima kata itu diyakini mampu menghadapi keterpurukan akibat penjajahan pada zaman itu. Coba kita resapi pelita kehidupan lewat lima kata itu. Semua ini sebagai dasar utama urang Sunda yang hidupnya harus ‘nyunda’, termasuk para pemimpin bangsa.

Cara meresapinya dengan memahami artinya.
Cageur, yakni harus sehat jasmani dan rohani, sehat berpikir, sehat berpendapat, sehat lahir dan batin, sehat moral, sehat berbuat dan bertindak, sehat berprasangka atau menjauhkan sifat suudzonisme.

Bageur yaitu baik hati, sayang kepada sesama, banyak memberi pendapat dan kaidah moril terpuji ataupun materi, tidak pelit, tidak emosional, baik hati, penolong dan ikhlas menjalankan serta mengamalkan, bukan hanya dibaca atau diucapkan saja.

Bener yaitu tidak bohong, tidak asal-asalan dalam mengerjakan tugas pekerjaan, amanah, lurus menjalankan agama, benar dalam memimpin, berdagang, tidak memalsu atau mengurangi timbangan, dan tidak merusak alam. Singer, yaitu penuh mawas diri bukan was-was, mengerti pada setiap tugas, mendahulukan orang lain sebelum pribadi, pandai menghargai pendapat yang lain, penuh kasih sayang, tidak cepat marah jika dikritik tetapi diresapi makna esensinya.

Pinter yaitu pandai ilmu dunia dan akhirat, mengerti ilmu agama sampai ke dasarnya, luas jangkauan ilmu dunia dan akhirat walau berbeda keyakinan, pandai menyesuaikan diri dengan sesama, pandai mengemukakan dan membereskan masalah pelik dengan bijaksana, dan tidak merasa pintar sendiri sambil menyudutkan orang lain. Konsep filosofi cageur, bageur, bener, pinter tur singer sangat sesuai dengan konsep pendidikan di segala zaman karena maknanya yang sangat dalam untuk mendidik generasi Sunda supaya tercapai kepribadian dan karakter yang sesuai dengan masyarakat Sunda. Kesempurnaan filosofi tersebut dapat dikaitkan antara hubungan manusia dengan Tuhannya, dirinya sendiri, sesama manusia dan lingkungannya.

Sumber: Penanggalan Kalendersunda
Foto: Kumeok Memeh Dipacok Blog

0

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code