X
Brand Disruption
Branding & Marketing

Brand Disruption

April 16, 2017 0

Internet sudah men-disrupt (menggilas) banyak hal. News portal sudah menggilas koran dan majalah. WA, Line, BBM sudah menggilas SMS.

Internet bahkan sudah menggilas budaya. Suami istri bangun tidur tidak lagi saling sapa, karena sudah langsung check handphone. Ke jamban pun sekarang tidak lagi baca koran tapi update status FB atau twitteran.

Bisnis pun sdh dilakukan lewat Smartphone. Kerja gak perlu ngantor lagi. Bisa dimanapun.

Dijaman internet ini menciptakan produk yang sama, sama artinya dengan bunuh diri. Produk yang lebih baik hanya menunda kematian. “DIFFERENTIATE OR DIE”-nya Jack Trout sudah usang.

Ini jamannya DISRUPTION. Kalau produk anda tidak mampu menggilas pesaing maka produk anda akan digilas pesaing.

Adalah Jean Marie Dru, presiden TBWA menyampaikan langsung kepada saya di tahun 2000, bahwa teori DISRUPTION yang diciptakannya tahun 1996 akan menjadi kenyataan. Dan saya mendapat kehormatan memperoleh buku dengan judul DISRUPTION lengkap dengan tanda tangannya.

Sebenernya teori disruption ini bukan barang baru. Dia meruoakan turunan dari Hyper-Competitionnya D’Aveni yang lahir tahun 80an. Internet telah membuatnya menjadi kenyataan. Bahkan hanya dengan 1S dari 7Snya D’Aveni, yaitu SPEED.

Siapa yang tidak mampu bertindak cepat dia akan digilas pesaing.

~ Subiakto Priosoedarsono

0

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code