X
Indonesia Raya, Lingkungan Hidup, Talkshow

Biomethagreen, Solusi Asyik Olah Limbah Organik

April 3, 2017 0

Persoalan sampah, bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab setiap individu. Memang, kesadaran masyarakat kita terhadap sampah dapat dikatakan masih minim. Jangankan terpikir untuk mengolah sampah menjadi energi, membuang sampah pun masih banyak yang sembarangan. Penanganan sampah oleh pemerintah sampai hari ini masih sangat kuno, mengandalkan landfill, sampah ditimbun tanah, yang pada akhirnya tetap menimbulkan masalah, penyakit, dan bahaya longsor di Tempat Pembuangan Akhir Sampah.

.
Tahun 2019, Indonesia diprediksi akan menghasilkan sampah sebesar 98 juta ton. Sekitar 85% dari sampai tersebut berupa sampah basah/organik. Sampah ini sebagian besar dihasilkan dari rumah-rumah, restoran, hotel, pasar, dan aktivitas manusia lainnya. Gaya hidup mengambil makanan dalam jumlah besar, tetapi tidak semuanya masuk ke perut, sepertinya dianggap bukan persoalan. Di kawasan perumahan, sampah juga dianggap bukan masalah, toh sudah bayar iuran, lalu tukang sampah mengambilnya. Kita baru menyadari sampah jadi masalah, ketika tukang sampah berhari-hari tidak datang mengambil sampah kita. Bau busuk menyebar.
.
Pengolahan sampah sejatinya dapat dimulai dari keluarga sebagai unit terkecil masyarakat. Sampah dapat dipilah. Sampah non organik bisa didaur ulang, sedangkan sampah non organik dapat dijadikan kompos, pupuk, bahkan menjadi sumber energi, untuk kompor gas atau pembangkit listrik.
.
Talkshow Indonesia Asyik! PaytrenTV:
“Biomethagreen, Solusi Asyik Olah Limbah Organik”.
Narasumber: Dr. Muhamad Fatah Wiyatna, S.Pt., M.Si

.
Talkshow Indonesia Asyik!
Asyik – Menarik – Inspiratif
Host: Kang Eep

0

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code