X
Bahaya Pangan Tidak Sehat
Kesehatan, Pertanian

Bahaya Pangan Tidak Sehat

August 23, 2016 3

Prof. Ahmad Sulaeman Guru Besar IPB mengatakan kepada saya, akibat dari mengkonsumsi makanan yang terpapar bahan-bahan chemical berbahaya, pupuk berbahaya, pestisida, pengawet, penambah rasa, dan aditif berbahaya lainnya, banyak anak-anak yang usianya masih dibawah umur, tetapi organ reproduksinya sudah dewasa. Ada anak perempuan usia 5 tahun tapi sudah menstruasi.

Para pelaku bisnis pangan banyak yang berkilah bahwa bahan-bahan aditif tersebut di bawah ambang batas. Tetapi tidak pernah dikaji bagaimana bahan yang katanya aman di bawah ambang batas itu dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, puluhan tahun.

Loh bagaimana caranya, anak-anak itu kan belum mengkonsumsi pangan tidak sehat? Ya, orang tuanya lah yang menurunkan efek dari konsumsi pangan tersebut. Satu fakta menyebutkam, bahwa penyimpangan orientasi seksual (LGBT dkk), diakibatkan mengkonsumsi ternak yang dibombardir hormon. Mungkin kita yang memakannya tidak terkena, tetapi generasi selanjutnya yang terkena.

Yu, kita kurangi makan pangan yang tidak sehat. Kalau belum sanggup semua, ya sebagian kecil dan pelan-pelan dikurangi.

Salam, Kang Eep
Swadaya Petani Indonesia
www.swadayapetani.org

4

There are 3 comments

  • Kang Eep says:

    Tulisan ini pernah di muat di FB saya, tetapi entah mengapa menghilang tinggal logonya saja.

  • Megha Sakova says:

    Ternyata dalam jangka waktu yang lama, pestisida, bahan kimia tersebut berbahaya ya buat manusia.

  • Megha Sakova says:

    Sekarang untuk makanan anak-anak saya, terutama Irmiya yang masih berusia 9 bulan, semua diupayakan alami dan buat sendiri. Sedapat mungkin mengurangi penggunaan makanan-makanan instant.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code